Kamis, 28 April 2016

Ciri Ciri dari Teks Anekdot Terbaru 2016

Teks Anekdot itu mempunyai ciri – ciri, antara lain sebagai berikut :

Lebih dekat dengan perumpamaan mengenai dongeng
Menampilkan karakter hewan serta juga figur manusia pada umumnya dan juga sering terhubung dengan adanay realitas, meskipun pada perumpamaan serta jugaanekdot tentu berbeda dalam kekhususan sejarah mereka,

3. Jenis – jenis Teks Anekdot
Jenis-jenis Teks Anekdot tersebut terdapat 2 macam yakni lisan dan juga teks.

1. Teks Anekdot Lisan, contohnya ialah :
KUDIS : Kurang DIsiplin
ASMA : Asal Mengisi Absen
TBC : Tidak Bisa Computer
KRAM : Kurang Terampil
ASAM URAT : Asal sampai kantor terus uring-uring atau tidur
GINJAL : Gaji Inginnya cepat tapi kerjannya lambat
PUCAT : Pulang Cepat

2. Anekdot Teks, contohnya ialah :
Pengemis & Manager (Anekdot dari sumber Anonim)

Teks Anekdot

Manager : Pak, cape ya abis ngemis? Laper ya pak..?
Pengemis : Biasa aja tuh, hari ini saya udh makan 3x koq
Manager : Loh..? uangnya cuman buat makan bapak doank? Anak dan istri di rumah makan apa?
Pengemis : Kayak org susah aja..! Td pagi saya sekeluarga abis ngerayain ultah anak saya yg kelima di Mc. Donald bareng guru2 & tmn2 sekolahnya. Siang ini istri dan anak saya barusan BBM saya, mrk lg makan di Pizza HUT tau!
Manager sampai kebingungan dan berkata : “Emank bapak ngemis 1 hari dapet brp..?”
Pengemis : Nih ya.. Saya kasi tau..!! Saya ngemis dari jam 07.00-17.00. Lampu merah atau hijau waktunya 60 detik. Setiap 60 detik paling nggak saya bisa dapet Rp 2.000. 1 jam = 60 kali lampu merah Hijau, berarti 60 x 2.000 = 120.000 /jam 1 hari saya kerja 10 jam, 1 jam buat istirahat jadi 9 jam. 9 jam x 120.000 = 1.080.000/hari. 1 bulan saya kerja 26 hari.26 hari x 1.080.000 = 28.080.000/bulan
Manager sampai kaget dan bengong mendengar cerita pengemis itu
Pengemis berkata : Emang mas jadi manager, gaji per bulannya brp..?
Manager : 6.000.000
Pengemis : Ijasah..?
Manager : S-2

4. Struktur Teks Anekdot
Teks Anekdot mempunayi 5 struktur, diantaranya ialah sebagai berikut :

Abstraksi , adalah suatu bagian awal paragraf yang mempunyai fungsi ialah memberikan gambaran mengenai isi teks. Biasanya menunjukkan hak yang unik
Orientasi , adalah suatu bagian yang menunjukkan adanya awal cerita atau latar belakang peristiwa itu bisa terjadi
Krisis , adalah suatu bagian yang mana hal yang menarik maupun juga hal yang tidak biasa terjadi di tokoh cerita
Reaksi , adalah suatu bagian bagaimana dengan cara penulis atau juga tokoh cerita menyelesaikan suatu masalah pada bagian krisis
Koda , adalah suatu bagian dari akhir cerita. Bagian tersebut bisa berisikan kesimpulan tentang suatu kejadian yang terjadi pada tokoh cerita.

Kata kunci :
Abstraksi : Pembukaan/gambaran umum
Orientasi : Latar belakang peristiwa
Krisis : Masalah
Reaksi : Penyelesaian masalah
Koda : Kesimpulan

Selanjutnya silahkan menuju link http://www.antarapost.com/2016/03/contoh-teks-anekdot.html untuk melihat artikel keseluruhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar